Judul buku :
PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK dan REMAJA
Pengarang :
Prof. Dr. H. Syamsu Yusuf LN.,M.Pd.
Penerbit :
PT REMAJA ROSDAKARYA BANDUNG
Halaman :
220
Resensi :
BAB 1 PENDAHULUAN
A.
PENGERTIAN PSIKOLOGI
PERKEMBANGAN
Psikologi
perembangan adalah salah satu bidang psikologi yang memfokuskan kajian atau
pembahasannya mengenai perubahan tingkah laku dn proses perkembangan dari masa
konsepi sampai mati.
B. BEBERAPA
TEORI PERKEMBANGAN
1. PENDEKATAN
PERKEMBANGAN KOGNITIF
a. Model
dari Piaget
Piaget bependapat bahwa perkembangan
manusia dapat digambarkan dalam konsep fungsi dan struktur.
b. Model
pemrosesan informasi
Pendekatan ini merumuskan bahwa kognitif
manusia sebagai suatu sistem yang terdiri atas tiga bagian: (1) input, (2)
proses, (3) output.
c. Model kognisi sosial
Model ini menekankan tentang dampak atau
pengaruh pengalaman sosial terhadap perkembangan kognitif.
2. PENDEKATAN
BELAJAR ATAU LINGKUNGAN
Ada empat tipe cara pengkondisian dalam
kegiatan belajar:
a. Habituasi: bentuk belajar sederhana yang melibatkan responden.
b. Respondent
Conditioning: bentuk belajar yang netral
yang melibatkan refleks.
c. Operant
Conditioning: bentuk belajar dimana
tingkah laku operan berubah.
d. Discriminating
Learning: tipe belajar yang sangat erat dengan operant
conditioning.
3. PENDEKATAN
ETOLOGI
Pendekatan ini merupakan studi
perkembangan dari perspektif evolusioner yang didasarkan pada prinsip evolusi.
4. PENDEKATAN
IMAM AL-GHAZALI
Al-Ghazali berpendapat bahwa anak
dilahirkan dengan membawa fitrah yang seimbang dan sehat.
C. MEMAHAMI
PERKEMBANGAN ANAK
Dalam
upaya mendidik anak/remaja agar dapat mengembangkan potensi dirinya, siapa saja
yang berkepentingan dalam pendidikan anak perlu untuk memahami perkembangan
anak.
BAB 2 PERKEMBANGAN
A.
PENGERTIAN DAN
CIRI-CIRI PERKEMBANGAN
Perkembangan
adalah perubahan yang progresif dan kontinyu dalam diri individu dari lahir
sampai mati. Ciri-ciri perkembangan adalah:
1. Terjadi
perubahan dalam aspek fisik dan psikis
2. Terjadi
perubahan dalam proporsi aspek fisik dan psikis
3. Lenyapnya
tanda-tanda yang lama yaitu tanda-tanda fisik dan psikis
4. Diperolehnya
tanda-tanda yang baru yaitu tanda-tanda fisik dan psikis
B. PRINSIP-PRINSIP
PERKEMBANGAN
1. Perkembangan
adalah proses yang tidak pernah berhenti
2. Semua
aspek perkembangan saling mempengaruhi
3. Perkembangan
itu mengikuti pola
4. Perkembangan
terjadi pada tempo yang berlainan
5. Setiap
fase perkembangan mempunyai ciri khas
6. Setiap
individu yang normal akan mengalami fase perkembangan
BAB 3 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN
A.
Hereditas (keturunan)
B. Lingkungan
perkembangan
1. Lingkungan
keluarga
2. Lingkungan
sekolah
C.
Kelompok teman sebaya
BAB 4 TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN
A.
PENGERTIAN DAN SUMBER
TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN
Tugas
perkembangan adalah suatu tugas yang muncul pada periode tertentu dalam rentang
kehidupan individu. Munculnya tugas-tugas perkembangan bersumber pada
faktor-faktor berikut:
1. Kematangan
fisik
2. Tuntutan
masyarakat secara kultural
3. Tuntutan
dari dorongan cita-cita individu sendiri
4. Tuntutan
norma agama
B. PERANAN
SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN SISWA
1. Pencapaian
tugas perkembangan melalui kelompok teman sebaya
2. Mencapai
perkembangan kemandirian pribadi
3. Pengemangan
keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
BAB 5 ASPEK-ASPEK PERKEMBANGAN
A.
PERKEMBANGAN FISIK
Fisik
manusia adalah system organ yang kompleks dan sangat
mengagumkan. Salah satu aspek fisiologi yang penting adalah otak. Otak
mempunyai pengaruh yang sangat menentukan bagi aspek perkembangan individu baik
keterampilan motorik, intelektual, emosional, social, moral, atau kepribadian. Elizabeth Hurlock mencatat
beberapa alasan tentang fungsi perkembangan motorik bagi konstelasi
perkembangan individu yaitu:
a.
Melalui
keterampilan motorik anak dapat menghibur dirinya dan memperoleh perasaan
senang.
b.
Melalui
keterampilan motorik anak dapat beranjak dari kondisi helplessness (tidak berdaya) ke kondisi independence (bebas, tidak bergantung).
c.
Melalui
keterampilan motorik anak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah.
d.
Melalui
perkembangan motorik yang normal, anak dapat bergaul dengan teman sebaya
sedangkan yang tidak normal akan menghambat anak untuk dapat bergaul.
e.
Perkembangan
keterampilan motorik sangat penting bagi perkembangan kepribadian anak.
B. PERKEMBANGAN INTELEGENSI
1.
PENGERTIAN
KECERDASAN
Intelegensi
bukanlah suatu yang bersifat kebendaan, melainkan suatu fiksi ilmiah untuk
mendeskripsikan perilaku individu yang berkaitan dengan kemampuan intelektual.
C. PERKEMBANGAN EMOSI
1.
PENGERTIAN EMOSI
Emosi adalah
suatu keadaan perasaan yang kompleks yang disertai karakteristik kegiatn
kelenjar dan motorik.
2.
PENGARUH EMOSI
TERHADAP PERILAKU DAN PERUBAHAN FISIK INDIVIDU
Berikut adalah
beberapa contoh pengaruh emosi terhadap perilaku individu:
a.
Memperkuat
semangat
b.
Melemahkan
semangat
c.
Mengganggu
konsentrasi belajar
d.
Terganggu
penyesuaian social
e.
Suasana
emosional yang diterima dan dialami akan mempengaruhi sikap individu dikemudian
hari
3.
PENGELOMPOKAN
EMOSI
a.
Emosi sensoris
yaitu emosi yang ditimbulkan oleh rangsangan dari luar terhadap tubuh
b.
Emosi psikis
yaitu emosi yang mempunyai alasan-alasan kejiwaan
D. PERKEMBANGAN BAHASA
1.
MAKNA BAHASA
Bahasa adalah
kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain.
2.
FAKTOR-FAKTOR
YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN BAHASA
a.
Factor kesehatan
b.
Intelegensi
c.
Status social
ekonomi keluarga
d.
Jenis kelamin
e.
Hubungan
keluarga
E. PERKEMBANGAN SOSIAL
1.
MAKNA
PERKEMBANGAN SOSIAL
Perkembangan
social adalah pencapain kematangan dalam hubungan social.
F. PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN
1.
PENGERTIAN KEPRIBADIAN
Kepribadian
dapat diartikan sebagai kualitas perilaku individu yang tampak dalam melakukan
penyesuaian dirinya terhadap lingkungan secara unik (Abin Syamsudin Makmun,
1996)
2.
FAKTOR-FAKTOR
YANG MEMPENGARUHI KEPRIBADIAN
a.
Fisik
b.
Intelegensi
c.
Keluarga
d.
Teman sebaya
G. PERKEMBANGAN MORAL
1.
PENGERTIAN MORAL
Moral adalah
adat istiadat, kebiasaan, peraturan atau tata cara kehidupan.
2.
FAKTOR-FAKTOR
YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN MORAL
a.
Konsisten dalam
mendidik anak
b.
Sikap orangtua
dalam keluarga
c.
Penghayatan dan
pengalaman agama yang dianut
d.
Sikap konsisten
orangtua dalam menerapkan norma
H. PERKEMBANGAN KESADARAN BERAGAMA
Factor yang mempengaruhi perkembangan beragama yaitu:
1.
Factor pembawaan
2.
Factor
lingkungan
BAB 6 KARAKTERISTIK SETIAP FASE PERKEMBANGAN
A. KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN PADA FASE OROK
Pada fase ini orok memiliki karakteristik perkembangan
sebagai berikut:
1.
Perkembangan fisik
2.
Kegiatan-kegiatan
orok
3.
Vokalisasi
4.
Perkembangan
kepribadian
B. FASE BAYI
Masa bayi dimulai sejak berakhirnya masa orok sampai
akhir tahun kedua dari kehidupan. Masa bayi memiliki ciri-ciri: perkembangan
fisik, intelegensi, emosi, bahasa, bermain, pengertian, kepribadian, moral, dan
kesadaran beragama.
C. FASE PRASEKOLAH
Anak usia prasekolah adalah fase perkembangan individu
sekitar 2-6 tahun, ketika anak mulai memiliki kesadaran tentang dirinya sebagai
pria atau wanita, dapat mengatur diri dalam buang air, dan mengenal beberapa
hal yang dianggap berbahaya.
D. FASE ANAK SEKOLAH
Pada usia sekolah dasar (6-12) tahun anak sudah dapat
mereaksi rangsangan intelektual, atau melaksanakan tugas-tugas belajar yang
menuntut kemampuan intelektual.
E. FASE REMAJA
Fase remaja adalah segmen perkembangan individu yang
sangat penting, yang diawali dengan matangnya organ-organ fisik sehingga mampu
bereproduksi.
Menurut
saya buku ini sangat menarik dari segi isi dan penampilan. Buku ini sangat
cocok untuk para calon guru dalam mengetahui karakteristik calon anak didiknya.
Buku ini berisi tentang perkembangan anak dan remaja.
0 komentar: (+add yours?)
Posting Komentar