Tugas Perkembangan Peserta Didik

Judul buku    : PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK dan REMAJA
Pengarang      : Prof. Dr. H. Syamsu Yusuf LN.,M.Pd.
Penerbit          : PT REMAJA ROSDAKARYA BANDUNG
Halaman         : 220
Resensi           :
BAB 1 PENDAHULUAN
A.    PENGERTIAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN
Psikologi perembangan adalah salah satu bidang psikologi yang memfokuskan kajian atau pembahasannya mengenai perubahan tingkah laku dn proses perkembangan dari masa konsepi sampai mati.
B.     BEBERAPA TEORI PERKEMBANGAN
1.      PENDEKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF
a.       Model dari Piaget
Piaget bependapat bahwa perkembangan manusia dapat digambarkan dalam konsep fungsi dan struktur.
b.      Model pemrosesan informasi
Pendekatan ini merumuskan bahwa kognitif manusia sebagai suatu sistem yang terdiri atas tiga bagian: (1) input, (2) proses, (3) output.
c.        Model kognisi sosial
Model ini menekankan tentang dampak atau pengaruh pengalaman sosial terhadap perkembangan kognitif.
2.      PENDEKATAN BELAJAR ATAU LINGKUNGAN
Ada empat tipe cara pengkondisian dalam kegiatan belajar:
a.       Habituasi: bentuk belajar sederhana yang melibatkan responden.
b.      Respondent Conditioning: bentuk belajar yang netral yang melibatkan refleks.
c.       Operant Conditioning: bentuk belajar dimana tingkah laku operan berubah.
d.      Discriminating Learning: tipe belajar yang sangat erat dengan operant conditioning.
3.      PENDEKATAN ETOLOGI
Pendekatan ini merupakan studi perkembangan dari perspektif evolusioner yang didasarkan pada prinsip evolusi.
4.      PENDEKATAN IMAM AL-GHAZALI
Al-Ghazali berpendapat bahwa anak dilahirkan dengan membawa fitrah yang seimbang dan sehat.
C.     MEMAHAMI PERKEMBANGAN ANAK
Dalam upaya mendidik anak/remaja agar dapat mengembangkan potensi dirinya, siapa saja yang berkepentingan dalam pendidikan anak perlu untuk memahami perkembangan anak.
BAB 2 PERKEMBANGAN
A.    PENGERTIAN DAN CIRI-CIRI PERKEMBANGAN
Perkembangan adalah perubahan yang progresif dan kontinyu dalam diri individu dari lahir sampai mati. Ciri-ciri perkembangan adalah:
1.      Terjadi perubahan dalam aspek fisik dan psikis
2.      Terjadi perubahan dalam proporsi aspek fisik dan psikis
3.      Lenyapnya tanda-tanda yang lama yaitu tanda-tanda fisik dan psikis
4.      Diperolehnya tanda-tanda yang baru yaitu tanda-tanda fisik dan psikis
B.     PRINSIP-PRINSIP PERKEMBANGAN
1.      Perkembangan adalah proses yang tidak pernah berhenti
2.      Semua aspek perkembangan saling mempengaruhi
3.      Perkembangan itu mengikuti pola
4.      Perkembangan terjadi pada tempo yang berlainan
5.      Setiap fase perkembangan mempunyai ciri khas
6.      Setiap individu yang normal akan mengalami fase perkembangan
BAB 3 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN
A.    Hereditas (keturunan)
B.     Lingkungan perkembangan
1.      Lingkungan keluarga
2.      Lingkungan sekolah
C.     Kelompok teman sebaya
BAB 4 TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN
A.    PENGERTIAN DAN SUMBER TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN
Tugas perkembangan adalah suatu tugas yang muncul pada periode tertentu dalam rentang kehidupan individu. Munculnya tugas-tugas perkembangan bersumber pada faktor-faktor berikut:
1.      Kematangan fisik
2.      Tuntutan masyarakat secara kultural
3.      Tuntutan dari dorongan cita-cita individu sendiri
4.      Tuntutan norma agama
B.     PERANAN SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN SISWA
1.      Pencapaian tugas perkembangan melalui kelompok teman sebaya
2.      Mencapai perkembangan kemandirian pribadi
3.      Pengemangan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
BAB 5 ASPEK-ASPEK PERKEMBANGAN
A.    PERKEMBANGAN FISIK
Fisik manusia adalah system organ yang kompleks dan sangat mengagumkan. Salah satu aspek fisiologi yang penting adalah otak. Otak mempunyai pengaruh yang sangat menentukan bagi aspek perkembangan individu baik keterampilan motorik, intelektual, emosional, social, moral, atau  kepribadian. Elizabeth Hurlock mencatat beberapa alasan tentang fungsi perkembangan motorik bagi konstelasi perkembangan individu yaitu:
a.       Melalui keterampilan motorik anak dapat menghibur dirinya dan memperoleh perasaan senang.
b.      Melalui keterampilan motorik anak dapat beranjak dari kondisi helplessness (tidak berdaya) ke kondisi independence (bebas, tidak bergantung).
c.       Melalui keterampilan motorik anak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah.
d.      Melalui perkembangan motorik yang normal, anak dapat bergaul dengan teman sebaya sedangkan yang tidak normal akan menghambat anak untuk dapat bergaul.
e.       Perkembangan keterampilan motorik sangat penting bagi perkembangan kepribadian anak.
B.     PERKEMBANGAN INTELEGENSI
1.      PENGERTIAN KECERDASAN
Intelegensi bukanlah suatu yang bersifat kebendaan, melainkan suatu fiksi ilmiah untuk mendeskripsikan perilaku individu yang berkaitan dengan kemampuan intelektual.
C.     PERKEMBANGAN EMOSI
1.      PENGERTIAN EMOSI
Emosi adalah suatu keadaan perasaan yang kompleks yang disertai karakteristik kegiatn kelenjar dan motorik.
2.      PENGARUH EMOSI TERHADAP PERILAKU DAN PERUBAHAN FISIK INDIVIDU
Berikut adalah beberapa contoh pengaruh emosi terhadap perilaku individu:
a.       Memperkuat semangat
b.      Melemahkan semangat
c.       Mengganggu konsentrasi belajar
d.      Terganggu penyesuaian social
e.       Suasana emosional yang diterima dan dialami akan mempengaruhi sikap individu dikemudian hari
3.      PENGELOMPOKAN EMOSI
a.       Emosi sensoris yaitu emosi yang ditimbulkan oleh rangsangan dari luar terhadap tubuh
b.      Emosi psikis yaitu emosi yang mempunyai alasan-alasan kejiwaan
D.    PERKEMBANGAN BAHASA
1.      MAKNA BAHASA
Bahasa adalah kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain.
2.      FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN BAHASA
a.       Factor kesehatan
b.      Intelegensi
c.       Status social ekonomi keluarga
d.      Jenis kelamin
e.       Hubungan keluarga
E.     PERKEMBANGAN SOSIAL
1.      MAKNA PERKEMBANGAN SOSIAL
Perkembangan social adalah pencapain kematangan dalam hubungan social.
F.      PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN
1.      PENGERTIAN KEPRIBADIAN
Kepribadian dapat diartikan sebagai kualitas perilaku individu yang tampak dalam melakukan penyesuaian dirinya terhadap lingkungan secara unik (Abin Syamsudin Makmun, 1996)
2.      FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPRIBADIAN
a.       Fisik
b.      Intelegensi
c.       Keluarga
d.      Teman sebaya
G.    PERKEMBANGAN MORAL
1.      PENGERTIAN MORAL
Moral adalah adat istiadat, kebiasaan, peraturan atau tata cara kehidupan.
2.      FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN MORAL
a.       Konsisten dalam mendidik anak
b.      Sikap orangtua dalam keluarga
c.       Penghayatan dan pengalaman agama yang dianut
d.      Sikap konsisten orangtua dalam menerapkan norma
H.    PERKEMBANGAN KESADARAN BERAGAMA
Factor yang mempengaruhi perkembangan beragama yaitu:
1.      Factor pembawaan
2.      Factor lingkungan
BAB 6 KARAKTERISTIK SETIAP FASE PERKEMBANGAN
A.    KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN PADA FASE OROK
Pada fase ini orok memiliki karakteristik perkembangan sebagai berikut:
1.      Perkembangan fisik
2.      Kegiatan-kegiatan orok
3.      Vokalisasi
4.      Perkembangan kepribadian
B.     FASE BAYI
Masa bayi dimulai sejak berakhirnya masa orok sampai akhir tahun kedua dari kehidupan. Masa bayi memiliki ciri-ciri: perkembangan fisik, intelegensi, emosi, bahasa, bermain, pengertian, kepribadian, moral, dan kesadaran beragama.
C.     FASE PRASEKOLAH
Anak usia prasekolah adalah fase perkembangan individu sekitar 2-6 tahun, ketika anak mulai memiliki kesadaran tentang dirinya sebagai pria atau wanita, dapat mengatur diri dalam buang air, dan mengenal beberapa hal yang dianggap berbahaya.
D.    FASE ANAK SEKOLAH
Pada usia sekolah dasar (6-12) tahun anak sudah dapat mereaksi rangsangan intelektual, atau melaksanakan tugas-tugas belajar yang menuntut kemampuan intelektual.

E.     FASE REMAJA
Fase remaja adalah segmen perkembangan individu yang sangat penting, yang diawali dengan matangnya organ-organ fisik sehingga mampu bereproduksi.
Menurut saya buku ini sangat menarik dari segi isi dan penampilan. Buku ini sangat cocok untuk para calon guru dalam mengetahui karakteristik calon anak didiknya. Buku ini berisi tentang perkembangan anak dan remaja.

0 komentar: (+add yours?)

Posting Komentar