MISTERI OTAK TENGAH

Judul               : MISTERI OTAK TENGAH

Pengarang       : IRFAN FIRDAUS
Penerbit           : INSANIA

MISTERI OTAK TENGAH
BAGIAN 1
MENGENAL DETAIL TENTANG OTAK MANUSIA
OTAK, ORGAN MANUSIA YANG BERHARGA DAN PALING DAHSYAT
Otak adalah salah satu anugerah Tuhan yang luar biasa yang diberikan kepada manusia. Ketika sedang berpikir, sebuah gelombang elektromagnetis bergerak turun ke cabang sel otak dan memicu zat kimia di dalam salah satu jamur, yang kemudian dengan cepat menyeberangi jarak pendek untuk memicu zat kimia di dalam spina dendrit lainnya. Hal ini lalu memicu respons elektromagnetis dari sel otak lainnya.
Kemampuan otak sangatlah luar biasa. Para ilmuwan menganalisis dan mempelajari otak dengan kemampuan otak mereka. Hal itu menunjukkan bahwa otak bisa melihat bahkan mempelajari dirinya sendiri. Otak mengetahui komponennya sendiri, juga cara kerja serta kelebihan dan kekurangannya sendiri dan hanya otaklah yang mampu melakukan semua ini. Kemampuan inilah yang membuat manusia menjadi mahluk yang paling unggul diantara mahluk-mahluk lain. Dengan kemampuan ini, manusia mampu mengendalikan sejarahnya sendiri.
MENYADARI BEGITU MENGAGUMKANNYA OTAK ANAK-ANAK
Keajaiban otak bukan hanya karena jumlah sel yang terkandung di dalamnya saja. Akan tetapi, otak juga mempunyai kreativitas. Sel-sel otak itu membentuk kaki dan tangan yang sangat banyak, sehingga mereka bisa melakukan berjuta-juta hal pada kehidupan anak anda.
MEMAHAMI SEPUTAR GELOMBANG OTAK MANUSIA
Dalam jaringan otak manusia dihasilkan gelombang listrik yang berbeda-beda. Gelombang otak manusia setiap waktu bisa berubah-ubah. Da gelombang otak inilah yang mempengaruhi pola pikir atau tindakan riil seseorang untuk melakukan sesuatu. Secara keseluruhan gelombangotak manusia dikelompokkan menjadi 9 jenis, yaitu gelombang Lambda, gelombang Gamma, gelombang Beta, gelombang Sensori Motor  Rhytm, gelombang Alpha, gelombang Theta, gelombang Schumann Resonance.
MENGENAL STRUKTUR DAN NEURON PADA OTAK MANUSIA
Mulai dari sisi luar, otak dilindungi oleh rambut, kulit kepala, dan tulang yang sangat kuat, yakni tulang tengkorak.
STRUKTUR BAGIAN PADA OTAK
Otak manusia tersusun dari beberapa struktur yang memungkinkan untuk menjalankan fungsinya sebagai pengendali system biologis manusia, pusat kecerdasan, dan emosi.
OTAK REPTIL ATAU BATANG OTAK
Otak reptil terletak di bagian bawah tengkorak. Fungsinya untuk mengontrol pernafasan, denyut jantung, dan reaksi insting dalam keadaan bahaya atau terancam. Seseorang yang dominan menggunakan otak reptilnya akan berperilaku liar seperti halnya reptilia.
OTAK MANUSIA ATAU SISTEM LIMBIK
Otak mamalia merupakan bagian yang membungkus batang otak dengan hipotalamus, hipokampus, dan amigdala sebagai komponenya. Fungsinya sebagai pengendali emosi, membantu mempertahankan keseimbangan hormonal, rasa haus, lapar, dorongan seksual, pusat kesengangan, metabolism, dan bagian penting dari ingatan jangka panjang.
NEOKORTEX ATAU OTAK BERPIKIR
Bagian inilah yang membedakan antara manusia dengan mahluk lainnya. Fungsinya adalah untuk mengendalikan penglihatan, pendengaran, kreativitas, berpikir, berbicara, dan semua hal yang berkaitan dengan kemampuanyang lebih tinggi atau intelegensi.
MENGENAL NEURON PADA OTAK
Neuron adalah sel yang mendasari fungsi system saraf termasuk otak, urat saraf tulang belakang, system sensori peripheral, dan usus system saraf. Fungsinya adalah mengirimkan rangsangan.
MENGENAL KERJA OTAK TENGAH MANUSIA
Otak tengah adalah jembatan yang menghubungkan serta menyeimbangkan fungsi otak kiri dengan otak kanan. Otak tengah adalah awal dari batang otak yang fungsinya menjadi penghubung antara otak dan organ lain dalam tubuh. Dengan kata lain, otak tengah juga berfungsi seperti relai dari semua sinyal yang berasal dari pancaindra atau isinya yang mengontrol otot motorik.
BAGIAN 2
MENGENAL JAUH TENTANG KERJA OTAK TENGAH
MENGENAL CARA PENGAKTIFAN OTAK TENGAH
Para ahli juga mengatakan bahwa kegeniusan seseorang adalah kemampuan untuk menggabungkan kemampuan otak kiri dan otak kanan. Otak kanan dan otak kiri manusia ibarat 2 pilot yang mengatur bagian yang berbeda pada mental kita. Oleh karena itu, perlu diaktifkan terlebih dahulu otak tengah tersebut agar otak kanan dan kiri berfungsi seimbang.
Alasan pengoptimalan dan pengaktifan otak tengah begitu penting adalah untuk memperoleh hasil-hasil positif sebagai berikut:
1.      Meningkatnya daya kosentrasi
2.      Stabilnya emosi
3.      Meningkatnya daya ingat. Penyelidikan dari Jepang mengatakan bahwa secara teori memori meningkat satu juta kali.
4.      Terkontrolnya daya kinetic atau gerakan
5.      Meningkatnya daya tangkap terhadap suatu hal. Dengan aktifnya otak tengah, menjadikan seorang anak dapat menggunakan kedua belah otaknya.
6.      Pengaturan hormone menjadi lebih baik
7.      Kecenderungan kuat untuk mengasihani orang lain
BAGIAN 3
BELAJAR MENGOPTIMALKAN OTAK TENGAH
TAHAP PERKEMBANGAN POTENSI PENGAKTIFAN OTAK TENGAH
Dalam praktik pengaktifan otak tengah, terdapat tahap-tahap yang harus dilakukan secara berurutan. Tahap-tahap tersebut dibagi menjadi 2, yaitu tahap kestabilan awal dan tahap pendalaman.
TAHAP KESTABILAN AWAL
Dalam praktiknya, proses pengaktifan otak tengah anak biasanya mencapai waktu satu setengah hari. Hasil yang diperoleh setelah melakukan pengaktifan otak tengah benar-benar nyata.
TAHAP PENDALAMAN
Secara umum, tujuan utama para orang tua melakukan pengaktifan otak tengah anak mereka adalah agar kecerdasan sang anak dapat maksimal. Namun, banyak orang tua yang menghentikan pengoptimalan otak tengah anak mereka ketika dirasa sudah mencapai tahap kestabilan.
BAGIAN 4
KEDASYATAN DAN FUNGSI OTAK TENGAH
MULTIFUNGSI DARI PENGAKTIFAN OTAK TENGAH
Selain secara manual, ada juga beberapa orang yang otak tengahnya sudah aktif secara alami. Namun, banyak penjelasan yang menerangkan bahwa otak tengah yang diaktifkan dengan menggunakan metode-metode tertentu, seperti memakai metode GMC, akan memberikan dampak positif tinggi serta mampu melebihi kekuatan otak tengah yang telah aktif secara alami.
a.       Kemampuan daya ingat yang meningkat tinggi
b.      Meningkatnya kemampuan cinta kasih terhadap orang lain
c.       Menumbuhkan kreativitas dan inovasi yang lebih baik
d.      Tingkat konsentrasi lebih tajam
e.       Kemampuan fisik dalam berolahraga akan meningkat
f.       Keseimbangan otak kanan dan otak kiri meningkat
g.      Hormone dalam tubuh akan menjadi lebih imbang
h.      Daya intuisi akan lebih meningkat
MANFAAT PENGAKTIFAN OTAK TENGAH SECARA UNIVERSAL
Manfaat atau kegunaan yang didapat dari pengaktifan otak tengah tidak hanya seperti yang telah disebutkan di atas. Masih banyak manfaat lainnya. Setelah otak tengah diaktifkan, masalah mental dapat dikurangi sampai pada tingkat minimal. Karenanya seorang anak hiperaktif dapat duduk dengan tenang, sedangkan anak yang terlalu diam menjadi lebih aktif.
PENDAPAT SAYA:
Menurut saya, buku ini sangat menarik baik bagian sampul depannya maunpun bagian isinya. Karena buku ini berisi mengenai penjelasan tentang otak yang menurut saya sangat menarik untuk dibaca.

0 komentar: (+add yours?)

Posting Komentar